by

Tahukah Kamu MPV Mewah Itu Seperti Apa?…

MPV Mewah Dyna Pengangkut Barang

Kendaraan Multi Guna (Bahasa Inggris : Multi Purpose Vehicle) disingkat M.P.V. (“MPV”) adalah klasifikasi mobil “multifungsi” yang dapat digunakan baik sebagai pengangkut penumpang maupun sebagai kendaraan pengangkutan. Jenis kendaraan ini cenderung digolongkan dalam kategori “mini-bus” (bus kecil). Produksi kendaraan MPV ini umumnya memiliki dua varian, yaitu MPV Mewah mengangkut penumpang (dengan kursi penumpang belakang) dan barang (tanpa jendela atau kursi belakang) hanya untuk pengangkutan barang

Minivan ini dibuat di Perancis pada tahun 1987 dengan kehadiran Renault Espace. Peningkatan besar pada waktu itu adalah dapat membawa lebih banyak penumpang tetapi harus diganggu ketika membawa banyak barang.

Saat ini, MPV juga muncul dalam kategori baru, yang disebut Mini MPV, dalam hal jumlah penumpang untuk 5 penumpang, tetapi muatannya dapat memuat lebih banyak barang daripada sedan.

Pada 1990-an, jumlah mobil penumpang di Indonesia cukup besar. Pada awal 1990-an, kendaraan paling populer di dunia, Toyota Kijang, menawarkan mesin 1,8 (82 hp) dan 1,5 (66 hp), yang terkenal dengan kekerasan dan adaptasinya terhadap kondisi jalan di Indonesia. Kemudian, Isuzu menghadirkan MPV bertenaga diesel Isuzu Panther yang populer, dikenal sangat ekonomis dengan mesin 2.300 cc, OHV yang ditenagai oleh 63 hp. kemudian, di segmen lain, Daihatsu tidak mau ketinggalan. Pada tahun 1994, ia mengubah tampilan Daihatsu Zebra menjadi Daihatsu Zebra Espass, yang menawarkan mesin 1.600 cc yang menggerakkan 88hp di atas pesaing lain pada waktu itu. Selain itu, mesin 1300cc (75HP) lebih ekonomis. Di antara para pesaingnya, Suzuki Carry adalah yang paling sesuai dengan daya beli masyarakat, selain diakui karena harga terendah, biaya perawatan, dan konsumsi bahan bakar terendah di kelasnya. Dengan 3 mesin – 1.500cc (80cc), 1.300cc (72hp) dan 1.000cc (52cc) – Suzuki Carry dapat menjangkau penduduk Indonesia.

Mobil MPV saat ini ditemukan di jalanan Indonesia, mulai dari minivan, minivan besar hingga minivan sangat besar, karena ketiga kategori kendaraan ini sangat dicari oleh konsumen Indonesia.
Meskipun bersaing dengan satu juta MPV dan tujuh penumpang SUV, segmen minivan mewah lebih dari 400 juta rupee dan kurang dari 1 miliar rupee masih menarik. Apalagi dengan hadirnya beberapa produk baru yang tergelincir ke paruh kedua tahun 2017. Contohnya seperti Toyota yang meluncurkan Voxy di acara nasional beberapa waktu lalu. Minivan rata-rata ini muncul sebagai pengganti NAV-1, yang menawarkan banyak manfaat dan siap memanjakan penumpang. Kendaraan komersial ringan lebih populer di kalangan konsumen yang lebih menyukai kenyamanan dan kemewahan saat bepergian.

Tetapi berbicara tentang model dan harganya telah terbukti sangat beragam. Selain Voxy, Toyota juga memiliki Kijang Innova yang harganya lebih dari 400 juta rupee. Jangan lewatkan Honda Odyssey dan Nissan Elgrand dan Serena, yang masih dalam kisaran harga di bawah 1 miliar rupee.

MPV Mewah Buatan Toyota

Lexus baru-baru ini merilis presentasi foto mobil MPV barunya. Gambar menunjukkan lampu utama dan gril Lexus yang khas.
Mengenai masalah ini, mengutip Carscoops.com, seorang perancang digital, Nikita Chuiko, mencoba untuk kemudian menebak bentuk minivan Lexus mewah.

Berdasarkan rendering, Toyota Alphard sekarang dilengkapi dengan grille lebar khas Lexus, headlamp LED dan LED DRL berbentuk kerucut. Sementara sektor belakang tidak jauh berbeda.

Bahkan, Lexus masih belum mengonfirmasi penggunaan Toyota Alphard sebagai basis. Hanya saja Presiden Lexus Manila Raymond Rodriguez mengatakan dia sedang mengembangkan Toyota Lexard versi Lexus.

Jika Lexus benar menggunakan Toyota Alphard sebagai basis, minivan ultra mewah ini akan mengandalkan trek V6 356cc yang dilengkapi dengan 296 hp. Direncanakan, ada juga varian hybrid yang menggabungkan motor 2.500 hp hingga 150 hp, sepasang motor listrik 141 hp dan 67 hp.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *