by

Minuman Segarr Khas Makassar.!! Sirup Markisa

-Kuliner-9 views

Sirup markisa adalah salah satu oleh-oleh khas Makassar. Melihat langsung kebun markisa bisa menjadi pengalaman wisata yang menyenangkan disamping tentu saja mencicipi sirupnya yang enak.

Buah markisa sebenarnya bukanlah tanaman asli Indonesia tetapi dari Amerika Latin. Tanaman yang banyak dibudidayakan di Brasil ini memiliki khasiat yang cukup banyak. Bagi kesehatan, buah markisa berkhasiat sebagai pereda nyeri, anti kejang, kolitis, penenang dan anti radang. Berbagai gangguan kesehatan seperti sembelit, disentri, insomnia, gangguan haid, batuk, serak, tenggorokan kering juga bisa dihalau dengan mengkonsumsi markisa.

Sirup Markisa

Jenis buah markisa beberapa macam namun yang banyak ditanam di Sulawesi Selatan adalah markisa ungu. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian 800 – 1.500 meter diatas permukaan laut.

Di Sulawesi  Selatan, Markisa lebih tepatnya merupakan buah-buahan khas Gowa. Itulah sebabnya taman wisata agro perkebunan markisa dengan mudah bisa Anda temukan di tempat ini Adalah desa Kanreapia yang berjarak 9 km dari ibukota kecamatan Malino yang sering menjadi jujugan para wisatan yang ingin merasakan suasana perkebunan. Kawasan desa Kanreapia, khususnya perkebunan Markisa, memiliki pemandangan yang sangat indah dan udara yang sangat sejuk. Disini Anda tidak hanya bisa menikmati panorama pegunungan yang mungkin jarang kita temui sehari-hari, lebih dari itu kita juga bisa mencicipi buah markisa sebelum diolah menjadi minuman segar.

Markisa yang dihasikan dari desa Kanreapia ini konon rasanya lebih segar dan bermutu tinggi daripada markisa yang dihasilkan dari daerah lain. Rasa buah markisa yang khas membuat markisa asal Kanreapia menjadi primadona.  Kawasan Malino ini memang menjadi habitat terbaik tumbuhan markisa dikarenakan udaranya yang sejuk dan kelembapan yang tinggi.

Saat cuaca panas paling enak memang menghirup minuman seger yang satu ini. Citarasa yang asam-asam sueger membuat sirup yang terbuat dari buah markisa ini makin digemari. Apalagi markisa juga menyimpan segudang manfaat loh. Slurppp!

Jika Anda berkunjung ke kota Medan buah markisa tentu tak sulit untuk dicari, sebab banyak sekali yang membudidayakannya di dataran tinggi Karo dan Brastagi yang beriklim sejuk. Ada yang masih berbentuk buah segar ada pula yang sudah diolah menjadi sirup yang dikemas dalam botol-botol. 

Sirup markisa biasanya terbuat dari buah markisa asli yang rasanya asam-asam manis. Sirup ini dijual dalam kemasan botolan dengan beragam merk. Di kota Medan sendiri penjual sirup markisa yang terkenal adalah Pyramid Unta, Pohon Pinang, Noerlen, dan Sarang Tawon. Harga jualnya pun bervariasi tergantung merk dan besar kecilnya kemasan yaitu sekitar Rp 30.000,00 – Rp 50.000,00.

Sirup markisa asli biasanya memang benar-benar terbuat dari sari buah markisa dan gula murni alias tidak memakai zat pewarna dan pemanis buatan. Oleh karena itu warnanya oranye yang dihasilkannya juga tampak alami dengan tekstur sedikit kental. Untuk menikmatinya tinggal dituangkan secukupnya di gelas dan diberi air putih. Agar makin segar bisa ditambahkan dengan es batu. Rasanya yang unik yaitu asam-asam manis benar-benar membuat mata melek!

Sirup markisa yang bagus biasanya tidak memakai pengawet atau hanya sedikit bahan pengawet, sehingga waktu penyimpanannya pun hanya bertahan hingga 1-2 minggu saja. Oleh karena itu akan lebih baik jika disimpan di dalam kulkas yang sejuk.

Disamping itu buah markisa juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Konon buah ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan vitamin A, B, C, dan serat yang tinggi. Sehingga buah ini juga mampu melewan sel kanker, stoke, penurun kolestrol dan sejumlah penyakit lainnya. Wah, tak heran jika banyak yang menenteng sirup markisa sebagai oleh-oleh dari Medan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *